Skip to main content

Pengalaman Mengikuti Bootcamp .NET di PT. Xsis Mitra Utama Minggu ke 1

Bagi para pembaca yang belum membaca bagian prolog silahkan baca disini.

Minggu Ke 1
Setelah lolos seleksi , tanda tangan kontrak serta briefing kemudian saya datang ke tempat bootcamp.Tempat bootcamp berada di graha tunas warung buncit.Kita start belajar dari jam 8.30 hingga jam 17.30.Hari pertama kita di perkenalkan PT Xsis itu seperti apa dan lain-lain kita juga diajarkan salamnya.Kemudian kita perkenalan satu persatu ada yang satu universitas dengan saya ada 4 orang termasuk saya.lalu ada yang dari pnj , dan lain lain.Total ada 12 orang didalam 1 kelas ini.

Hari pertama kita langsung diajarkan bahasa C# mulai dari cara mencetak lalu perulangan sederhana dan percabangan.Di hari pertama itu juga kita langsung diberikan materi.ada 10 materi logic serta 1 primbon (rumus maksute) untuk memudahkan kita menghabisi 10 materi logic tersebut.di logic pertama mudah kok hanya membuat bintang-bintang saja.dari pojok kiri atas hingga ke kanan bawah dan lain lain ada 10 soal.Didalam 1 materi logic ada 10 soal yang berbeda".Di hari pertama trainer saya bilang sepertinya dari ke 12 orang ini yang tes technical cuma rio saja ya.Saya kaget kok bisa tau?Pantes saja saya waktu pertama kenal seperti pernah liat ternyata bapak itu yang pernah mengetes saya waktu technial test.

Hari kedua saya mulai berkenalan dengan teman sebangku saya.Di pelatihan ini enak kok kalo kita tidak mengerti bisa langsung menginterupsi trainer dan minta menjelaskan kembali.Dihari kedua ini masih sama di logic pertama karena kemarin hanya sebentar banyak di potong waktunya untuk perkenalan perusahaan , istirahat dan cara" mencetak perulangan dan percabangan.Bapak trainer ini berkata primbon tidak boleh dipakai lagi sewaktu masuk logic ke 3.

Hari ketiga mulai berkenalan dengan teman yang lain dan masuk ke logic ke 2.di logic yang kedua ini kita selain membuat pola bintang , kita menaruh angka agar sesuai dengan yang ada pada materinya.mudah saja hanya tinggal mengganti bintangnya dengan angka.Di hari kedua ini mulai diadakan live coding jadi bagi teman" yang ingin maju baik itu tidak bisa sama sekali atau mahir dapat maju ketempat yang telah disediakan.awalnya memang deg degan dan takut juga.karena tidak ada yang mau maju mungkin masih pada malu akhirnya dipanggil 1 - 1 disitu saya mulai melihat ada yang sangat mahir ada juga yang masih typo-typo.Kemudian kita belajar tentang logic ke 3.Setiap hari kita selalu diberikan tugas supaya tidak lupa pelajarannya.

Hari keempat sudah sangat berbeda dengan 2 hari sebelumnya.Kita mulai diajarkan penggunaan array.mulai dari inisiasi array lalu penggunaan dan mencetak array.Kita membuat bilangan fibonacci 2 dan fibonacci 3 serta bentuk" yang berbeda dengan 2 hari sebelumnya.Mulai di hari ini saya mulai banyak membuat komentar pada kodingan saya karena benar" berbeda dengan 2 hari sebelumnya.Biasanya kita membuat bilangan maju kedepan.contoh 1 2 3 4 5 di hari ke empat ini kita disuruh membuat yang berbeda contoh 1 2 3 2 1 seperti itu.lalu penggabungan dibagian kanan angka dan bagian kiri huruf dengan bentuk yang pernah dibuat bintang sebelumnya.Dihari ini kita sudah mulai belajar tentang starting poin dan ending poin.Jadi kita tidak selalu memulai pola dari pojok" tapi kita bisa memulai pola dari starting dan ending poin yang kita inginkan.benar" berbeda di hari ini.

Hari kelima Untuk hari ini pembelajaran hanya sebentar karena akan pindah kantor di daerah kebayoran baru.Dihari kelima ini kita mengulang logic hari sebelumnya ditambah logic hari ini.tidak jauh berbeda dengan sebelumnya saya selalu bingung untuk menentukan starting poin dan ending poin.karena hari keempat sudah sangat berbeda dan waktu hari ini hanya 2 jam , saya bertanya sebanyak"nya kepada trainer agar saya tidak ketinggalan.Hari pertama hingga hari keempat saya masih bisa mengerjakannya dan masih bermain" di depan laptop tapi mulai dari hari kelima sepertinya saya perlu waktu lebih banyak untuk menyelesaikan tugas yang diberikan.Sebenarnya tugas diselesaikan seadanya itu tidak apa" karena setiap masuk kita ada review bagaimana tugasnya ada kesulitan nanti bagi yang kesulitan disuruh live coding dan kita diberi petunjuk bagaimana cara menyelesaikannya.

Minggu pertama telah usai selanjutnya ada minggu ke 2 + ujian filtering pertama link selanjutnya disini.


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tutorial Pembuatan Game Pingpong Menggunakan Java Netbeans

Assalamualaikum Wr.Wb saya akan membuat game pimpong dengan menggunakan java netbeans.Saya menggunakan Netbeans IDE 8.2.Berikut langkah - langkah pembuatan game tersebut :  1. Buka Aplikasi Netbeans IDE di Launchpad lalu klik Netbeans.   2. Setelah Netbeans terbuka, membuat project baru dengan cara klik menu File > New Project atau bisa dengan tombol Shift+Command+N pada keyboard. 3. Pada Kotak dialog choise Project Anda pilih kategory Java dengan Tipe project Java Application. Setelah itu klik tombol Next, seperti gambar di bawah.   4. Pada kotak dialog Name and Location, centang pada Create main Class, dan set as main project. Lalu memberikan Nama dengan Pimpong, setelah itu mengklik tombol finish. 5. Setelah itu pada project Pimpong yang ada di sidebar netbeans, klik Pimpong > sources Package > pimpong > Pimpong.java.   6. Kemudian mengetikkan Source program di dalam editor netbeans, Source programnya adalah :   package pingpong;

Pengalaman Mengikuti Bootcamp .NET di PT. Xsis Mitra Utama

Assalamualaikum para pembaca , nama saya rio saya lulusan Teknik Informatika di  Universitas Gunadarma tahun 2017.Pada postingan kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya mengikuti bootcamp .NET di PT. Xsis Mitra Utama selama 1 minggu ini.oh ya di Xsis ini ada 2 tahap filtering.yang pertama filtering di minggu ke 2 dan yang terakhir di minggu ke 6.Eits...sebelum masuk minggu pertama baca prolog dulu ya. 👇 PROLOG Sebelum mengikuti bootcamp,di kampus saya diadakan job fair.saya mendaftar beberapa stand termasuk Xsis ini dengan harapan salah satu dari yang saya apply mendapat balasan.setelah menunggu beberapa hari saya menerima email untuk datang interview di pt xsis yang kantor utamanya berada di jalan satrio.Beberapa hari kemudian setelah persiapan dokumen yang dibawa saya langsung ke Xsis yang di satrio.Kantornya berada di lantai 25 , setelah itu saya masuk kedalam kantornya kemudian di tanya oleh resepsionis maksud kedatangan saya.Setelah saya memberitahukan maksud ked

Implementasi Komputasi dalam Berbagai Bidang

Implementasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk menguji data dan menerapkan sistem yang diperoleh dari kegiatan seleksi. Implementasi merupakan salah satu pertahanan dari keseluruhan pembangunan sistem komputerisasi dan unsur yang harus dipertimbangkan dalam pembangunan sistem komputerisasi yaitu masalah perangkat lunak, karena perangkat lunak yang digunakan haruslah sesuai dengan masalah yang akan diselesaikan disamping masalah perangkat keras. Contoh aplikasi berbasis cloud computing adalah salesforce.com , Google Docs. salesforce.com adalah aplikasi Customer Relationship Management (CRM) berbasis software as services, dimana kita bisa mengakses aplikasi bisnis: kontak, produk, sales tracking, dashboard, dll. Google Docs adalah aplikasi word processor, spreadsheet, presentasi semacam Microsoft Office, yang berbasis di server. Terintegrasi dengan Google Mail, file tersimpan dan dapat di proses dari internet. Di zaman/masa modern saat ini perkembangan teknologi yang begitu ce