Skip to main content

Pengalaman Mengikuti Bootcamp .NET di PT. Xsis Mitra Utama Minggu ke 2

Bagi para pembaca yang belum membaca bagian Minggu ke 1 silahkan baca disini.

Minggu ke 2
Hari ke enam.Setelah libur sabtu minggu ada libur natal juga dan cuti bersama kita lanjut belajar ke logic 6 dan logic 7 sama seperti materi logic sebelumnya.oh ya di hari ini kita pindah lokasi dari yang graha tunas pindah ke daerah kebayoran baru.sampai saatnya tiba giliran saya untuk maju live coding.sudah beberapa kali memang saya maju dipanggil karena malu.namun kali ini saya maju sendiri karena sudah dari materi logic 4 saya kebingungan menentukan kolom dan barisnya.Akhirnya saya dibantu dengan bapak trainernya oh ya sampai di hari ke enam ini cuma saya yang berani bantu" teman yang live coding kalo ada yang typo-typo atau salah sedikit penempatan kodenya padahal saya mulai ngadet dari materi logic ke 4.saya berharap teman" yang lain bisa membantu temannya yang live coding.

Hari ke tujuh.Kita review materi logic 7 dan mencari kesulitan tugas yang diberikan.Setelah itu kita masuk ke logic 9.Kata trainernya sudah sampai di logic 7 aja karena kedepannya hanya itu itu saja.Dari awal kita langsung mengerjakannya yang borongan misalnya kita menyelesaikan bareng-bareng nomor 5 karena di nomor 5 itu sudah sekalian menjawab ke 4 nomor sebelumnya,setelah nomor 5 selesai itu kita mengerjakan soal 1 sampai 4 sendiri dengan waktu yang ditentukan.

Hari ke delapan.Kita masuk ke logic 9 dan mereview logic 8 beserta tugasnya.setelah istirahat pertama kita langsung belajar sql.Kita belajar SQL menggunakan SQL server management studio 2014.kita diberikan pelajaran mulai dari cara membuat database,edit database menghapus database.kemudian lanjut pembuatan record , hapus record dan edit record.banyak juga diberikan tips tips yang diberikan selama pelajaran sql ini.Saya baru pertama kali menggunakan software ini biasanya menggunakan command prompt untuk membuat database.Di sql ini ada tampilan user interfacenya mudah kok hanya tinggal klik klik saja sudah selesai tugasnya.hanya command alter table saja yang perlu di ketik manual.kita juga diberikan pelajaran kalau misalnya sql yang diugnakan berbeda kita export terlebih dahulu kedalam bentuk teks sehingga bisa di import pada sql manapun.cukup banyak tips dan trick pada sql ini sama halnya seperti C# yang selalu kita kerjakan di visual studio.

Hari ke sembilan.Seharian kita belajar sql mulai dari join table,inner join dan lain sebagainya.tapi yang paling lama kita harus buat databasenya , kolomnya dan memasukkan datanya belum lagi terdapat perbedaan jumlah panjang kolom dan perbedaan tipe data sehingga tidak cocok waktu join table.Kita belajar juga tentang database diagram.setelah kita melakukan join,kemudian kita menampilkan database diagram nanti akan muncul hubungan antar table.Di hari kesembilang ini kita diberitahu kalau keesokan harinya kita tidak ujian di hari ke 10.maka besoknya kita diberikan pelajaran tentang teknologi.

Hari ke sepuluh karena hari ini tidak jadi ujian banyak dari teman" saya yang tidak datang karena sakit dan lain lain kita di kelas hanya berlima saja seperti kelas private.Pada hari ini kita langsung ke teknologi,di pelajaran ini kita diberikan pengetahuan apa itu mvc , entity framework dan bootstrap selain itu kita juga diajarkan membuat database di visual studio tanpa langsung membuat tabel di sql server management studio.Kita membuat web sederhana dan tampilan sederhana juga.seharian kita belajar mvc ini.

Hari ke sebelas.hari ini kita ujian filtering.tanpa persiapan khusus yang penting di hari sebelumnya saya sudah belajar sedikit".kita masuk jam set 9 pagi seperti biasa.Sambil menunggu teman" dan pengawas ujian datang saya belajar dahulu.Kita mulai ujian jam setengah 10.Ujian pertama logic selama 3 jam karena hari ini hari jumat dilanjutkan setelah kita sholat jumat.ujian logicnya ada 10 soal yang keluar sama persis hanya ada 3 sisanya hanya pola yang berbeda.saya hanya mampu mengerjakan 4 saja karena sudah tidak tahu lagi salahnya dimana mungkin juga udah stress.Setelah logic ada test materi 10 soal,7 pilihan ganda dan 3 lagi essay.lumayan mudah untuk soal yang ini.Kemudian istirahat kembali dan mulai ujian SQL,di ujian SQL ini yang lama itu membuat tabel dan memasukkan record kedalamnya.karena beberapa soal pernah dipelajari sehingga lumayan mudah untuk menyelesaikan ini.Bagian yang terakhir pengembangan dari soal logic,1 soal 5 menit untuk pengembangan.misalnya jika soalnya menghadap ke kiri sewaktu pengembangan soalnya menghadap ke kanan atau diganti menjadi angka dan lain-lain.Kita selesai semua ujian sekitar jam 6 sore.

Hari ke duabelas.Hari ini penentuan apakah saya akan lanjut atau berhenti disini.Kita datang jam setengah 9 dan menunggu lama sekali pengumumannya di dalam kelas.sekitar jam setengah 11 trainer kita masuk beserta pimpinan akademi.Kita diberikan motivasi jika gagal dan berhasil kalaupun gagal kita masih diberi kesempatan untuk mencoba lagi mengikuti bootcamp dengan materi yang berbeda dan juga harus mengulang dari pendaftaran seperti bagian prolog yang pernah saya post sebelumnya.Pada akhirnya 8 dari 12 orang dinyatakan lulus dan 4 orang gagal,alhamdulilah saya termasuk salah satu yang lulus.Kemudian kita perpisahan dengan teman teman kita yang gagal sambil bersenda gurau.Setelah perpisahan mereka yang gagal pulang dan kita lanjut belajar teknologi .NET kembali.

Terima kasih bagi para pembaca yang sudah membaca artikel ini.untuk minggu" teknologi akan saya post ketika sudah selesai ya harap menunggu... 👍

Comments

  1. bang mau tanya; bootcamp disana digaji ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sistem gajinya gimana? 4jt ke atas layaknya orang kerja dengan umr apa gimana? Per hari? Minggu? Atau bulan?

      Delete
    2. Kalo berhasil lulus test hingga akhir nanti SETIAP BULAN bakalan dapet :
      Gaji UMR
      uang placement (jika sudah dapat project)
      uang laptop (jika sudah dapat project dan pake laptop sendiri)
      overtime / lembur (bisa dapat , bisa tidak dapat tergantung projectnya)
      lain lain bisa bpjs kesehatan , ketenagakerjaan , JHT.
      Jika sudah setahun , bisa naik gajinya diatas UMR.

      Jika ada perubahan , entah pengurangan atau penambahan gw kurang tau.karna sudah tidak disitu lagi.

      Delete
  2. Link selanjutnya mana lg nih kok blm ada ya, yg minggu2 belajar teknologi

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tutorial Pembuatan Game Pingpong Menggunakan Java Netbeans

Assalamualaikum Wr.Wb saya akan membuat game pimpong dengan menggunakan java netbeans.Saya menggunakan Netbeans IDE 8.2.Berikut langkah - langkah pembuatan game tersebut :  1. Buka Aplikasi Netbeans IDE di Launchpad lalu klik Netbeans.   2. Setelah Netbeans terbuka, membuat project baru dengan cara klik menu File > New Project atau bisa dengan tombol Shift+Command+N pada keyboard. 3. Pada Kotak dialog choise Project Anda pilih kategory Java dengan Tipe project Java Application. Setelah itu klik tombol Next, seperti gambar di bawah.   4. Pada kotak dialog Name and Location, centang pada Create main Class, dan set as main project. Lalu memberikan Nama dengan Pimpong, setelah itu mengklik tombol finish. 5. Setelah itu pada project Pimpong yang ada di sidebar netbeans, klik Pimpong > sources Package > pimpong > Pimpong.java.   6. Kemudian mengetikkan Source program di dalam editor netbeans, Source programnya adalah :   package pingpong;

Pengalaman Mengikuti Bootcamp .NET di PT. Xsis Mitra Utama

Assalamualaikum para pembaca , nama saya rio saya lulusan Teknik Informatika di  Universitas Gunadarma tahun 2017.Pada postingan kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya mengikuti bootcamp .NET di PT. Xsis Mitra Utama selama 1 minggu ini.oh ya di Xsis ini ada 2 tahap filtering.yang pertama filtering di minggu ke 2 dan yang terakhir di minggu ke 6.Eits...sebelum masuk minggu pertama baca prolog dulu ya. 👇 PROLOG Sebelum mengikuti bootcamp,di kampus saya diadakan job fair.saya mendaftar beberapa stand termasuk Xsis ini dengan harapan salah satu dari yang saya apply mendapat balasan.setelah menunggu beberapa hari saya menerima email untuk datang interview di pt xsis yang kantor utamanya berada di jalan satrio.Beberapa hari kemudian setelah persiapan dokumen yang dibawa saya langsung ke Xsis yang di satrio.Kantornya berada di lantai 25 , setelah itu saya masuk kedalam kantornya kemudian di tanya oleh resepsionis maksud kedatangan saya.Setelah saya memberitahukan maksud ked

Implementasi Komputasi dalam Berbagai Bidang

Implementasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk menguji data dan menerapkan sistem yang diperoleh dari kegiatan seleksi. Implementasi merupakan salah satu pertahanan dari keseluruhan pembangunan sistem komputerisasi dan unsur yang harus dipertimbangkan dalam pembangunan sistem komputerisasi yaitu masalah perangkat lunak, karena perangkat lunak yang digunakan haruslah sesuai dengan masalah yang akan diselesaikan disamping masalah perangkat keras. Contoh aplikasi berbasis cloud computing adalah salesforce.com , Google Docs. salesforce.com adalah aplikasi Customer Relationship Management (CRM) berbasis software as services, dimana kita bisa mengakses aplikasi bisnis: kontak, produk, sales tracking, dashboard, dll. Google Docs adalah aplikasi word processor, spreadsheet, presentasi semacam Microsoft Office, yang berbasis di server. Terintegrasi dengan Google Mail, file tersimpan dan dapat di proses dari internet. Di zaman/masa modern saat ini perkembangan teknologi yang begitu ce