Skip to main content

Pengalaman Mengikuti Bootcamp .NET di PT. Xsis Mitra Utama

Assalamualaikum para pembaca , nama saya rio saya lulusan Teknik Informatika di  Universitas Gunadarma tahun 2017.Pada postingan kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya mengikuti bootcamp .NET di PT. Xsis Mitra Utama selama 1 minggu ini.oh ya di Xsis ini ada 2 tahap filtering.yang pertama filtering di minggu ke 2 dan yang terakhir di minggu ke 6.Eits...sebelum masuk minggu pertama baca prolog dulu ya. 👇

PROLOG
Sebelum mengikuti bootcamp,di kampus saya diadakan job fair.saya mendaftar beberapa stand termasuk Xsis ini dengan harapan salah satu dari yang saya apply mendapat balasan.setelah menunggu beberapa hari saya menerima email untuk datang interview di pt xsis yang kantor utamanya berada di jalan satrio.Beberapa hari kemudian setelah persiapan dokumen yang dibawa saya langsung ke Xsis yang di satrio.Kantornya berada di lantai 25 , setelah itu saya masuk kedalam kantornya kemudian di tanya oleh resepsionis maksud kedatangan saya.Setelah saya memberitahukan maksud kedatangan saya untuk melakukan tes wawancara saya diantar oleh salah satu pegawainya.

Saya dibawa sama pegawai nya ke sebuah ruangan disitu ada orang lain yang datang lebih dulu dari saya.Kebetulan salah satunya teman kelas saya.Pertama kita mengerjakan essay tentang diri kita sendiri seperti kelebihan saya apa , kekurangan saya apa , pernah bekerja dimana dan lain lain.Namun,baru saja saya menulis nama , kita dipanggil diruang yang lain.Diruangan yang saya datangi kita mengisi semua biodata mulai dari nama , alamat , guru pembimbing kita , gaji yang diharapkan , bersediakah ditempatkan dimana saja , nama orang tua , punya berapa saudara , dan lain lain banyak sampe sertifikat pun juga ada.Karena saya dari Gunadarma yang setiap semester wajib ikut (kecuali semester 8) kursus dan workshop ya saya bawa semua.total ada 6 yang saya bawa karena 3 lagi masih belum diambil.

Selanjutnya setelah mengisi semua data , saya melanjutkan kembali ke ruangan sebelumnya.Selagi saya mengisi essay tersebut mulai ada teman" yang datang.total hari itu hanya ada 5 orang yang tes.Setelah selesai mengerjakan essay tentang diri sendiri selanjutnya mengerjakan psikotest.Ya biasa lah psikotest seperti menentukan bentuk apa selanjutnya.Kemudian ada test deret angka,nah ini yang paling saya suka.Lalu ada test aljabarnya juga.Setelah semua dilalui akan diumumkan sama HRDnya hari itu juga.persyaratan lulus katanya kalau IQ kita memenuhi minimal standar perusahaan.

Setelah selesai penilaian pengawas masuk kembali dan memberitahukan nama yang diberi stabilo itu yang lulus tes berikutnya.dari kita ber-5 yang lulus 4 orang sudah termasuk saya.kemudian kita disuruh menunggu untuk tes selanjutnya.sambil menunggu tes selanjutnya kita berempat makan dulu disekitar satrio karna tesnya lumayan lama dari jam set 9 pagi hingga jam set 12.

Setelah makan dan sholat kemudian kita kembali ke kantor lagi.Satu persatu nama dipanggil untuk wawancara technical test.Tiba giliran saya , begitu saya masuk ke ruangan wawancara saya disambut sama technical tester disitu saya berbincang sebentar dengan technical tester karna nama saya yang unik jadi kita berbicara" sebentar kemudian dia memberikan saya 1 (SATU) soal tentang deret angka saya berpikir mungkin untuk mengetest kembali apakah deret angka yang saya kerjakan hasil sendiri atau bukan , ternyata saya disuruh membuat program dengan deret angka tersebut.Angkanya tidak sulit kok hanya buat program dari deret 6 3 0 -3 -6 -9.Ketika saya sudah selesai saya memberikan kepada pengujinya trus saya ambil lagi karna cuma mau nambahin spasi saja biar keliatan bagus gitu.

Setelah itu saya disuruh menulis apa yang penguji katakan.Ternyata soal yang saya tulis itu soal kedua tentang aljabar.inti dari contoh soalnya : jika jumlah bangku 4x jumlah meja berapakah jumlah masing-masing bangku dan meja jika jumlah keseluruhan 140.Kira" seperti itu soalnya.Awalnya sih bingung tapi pelan" saya bisa.Anehnya setelah saya selesai menghitung dan mengembalikan jawaban ke pengujinya , si penguji itu malah memberitahukan ke kurang telitian saya dalam menulis jawaban.Setelah diberi tahu saya langsung membenarkannya kembali.Kurang lengkap aja sewaktu nulis jawabannya padahal bener.

Setelah itu saya keluar dan bertemu dengan teman" saya yang lain katanya saya didalam test itu cepet banget kurang lebih dari 10 menit yang lain sampai 20 sampai 30 menit.Setelah test technical kita dipanggil satu persatu untuk memasuki ruangan yang berbeda.Diruangan tersebut kita di wawancara kembali pertanyaannya mudah seperti tinggal dimana , kuliah dimana , dulu bikin apa skripsi , dan lain lain.Setelah itu dijelaskan kembali cara untuk mengikuti bootcamp mulai dari apa aja yang didapat didalam bootcamp peraturan"nya hingga kontrak kerja.Diawal saya memilih untuk mengikuti bootcamp JAVA akan tetapi sudah lewat yang tersisa tinggal .NET trus saya diberi masukan kalau bisa java , php dan .net akan banyak di cari orang.Ya sudah daripada saya dirumah terus saya mencoba bootcamp .net ini.

Malam harinya saya dikirimkan email untuk mengikuti bootcamp ini harus tahan ijasah ATAU surat pernyataan orang tua.Bingung juga kalau harus tahan ijasah seperti itu , tapi disisi lain saya harus belajar agar tidak lupa pelajaran waktu perkuliahan.Lalu saya memberitahukan kepada orang tua saya kalo saya lolos wawancara , awalnya tidak setuju karena tahan ijasah tapi kan bisa di ganti dengan pernyataan orang tua.Saya bilang ke orang tua saya butuh pelatihan ini karena dilatih dari awal dan juga GRATIS.Kapan lagi ada perusahaan ngelatih orang yang belom tau sama sekali tentang .net dan gratis pula.Akhirnya mereka menyetujui karena banyak juga ternyata yang membuat review tentang perusahaan Xsis ini.

Dua hari setelahnya saya kembali ke satrio dan memberikan surat pernyataan orang tua.Saya tidak memberikan ijasah saya karena saya belum mengambilnya . 😂 Saya bertemu dengan ibu HRD dan masuk keruangan bersama teman baru saya yang akan mengikuti bootcamp.Kita briefing di ruangan tersebut mulai dari tanda tangan kontrak hingga software yang dibutuhkan untuk bootcamp.

Untuk prolognya hanya sampai disini saja selanjutnya masuk ke minggu pertama disini.

Comments

  1. bang mau nanya, kan lu training .NET
    nah emng ada training apalagi selain .NET?

    apakah kita bisa memilih materi trainingnya?(misalnya ah gue mau PHP aja)
    atau materi training berubah" dan kita secara bertahap mepelajadinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain .NET ada juga JAVA , PHP , golang , android.

      iya , bisa memilih materi trainingnya.tapi harus lolos seleksi interview terlebih dahulu.

      materi training yang dipilih tidak akan berubah dan akan dipelajari lebih mendalam saat bootcamp nanti.

      Delete
    2. Boleh Minta no WA bang? gue mau nanya" nih

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tutorial Pembuatan Game Pingpong Menggunakan Java Netbeans

Assalamualaikum Wr.Wb saya akan membuat game pimpong dengan menggunakan java netbeans.Saya menggunakan Netbeans IDE 8.2.Berikut langkah - langkah pembuatan game tersebut :  1. Buka Aplikasi Netbeans IDE di Launchpad lalu klik Netbeans.   2. Setelah Netbeans terbuka, membuat project baru dengan cara klik menu File > New Project atau bisa dengan tombol Shift+Command+N pada keyboard. 3. Pada Kotak dialog choise Project Anda pilih kategory Java dengan Tipe project Java Application. Setelah itu klik tombol Next, seperti gambar di bawah.   4. Pada kotak dialog Name and Location, centang pada Create main Class, dan set as main project. Lalu memberikan Nama dengan Pimpong, setelah itu mengklik tombol finish. 5. Setelah itu pada project Pimpong yang ada di sidebar netbeans, klik Pimpong > sources Package > pimpong > Pimpong.java.   6. Kemudian mengetikkan Source program di dalam editor netbeans, Source programnya adalah :   package pingpong;

Implementasi Komputasi dalam Berbagai Bidang

Implementasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk menguji data dan menerapkan sistem yang diperoleh dari kegiatan seleksi. Implementasi merupakan salah satu pertahanan dari keseluruhan pembangunan sistem komputerisasi dan unsur yang harus dipertimbangkan dalam pembangunan sistem komputerisasi yaitu masalah perangkat lunak, karena perangkat lunak yang digunakan haruslah sesuai dengan masalah yang akan diselesaikan disamping masalah perangkat keras. Contoh aplikasi berbasis cloud computing adalah salesforce.com , Google Docs. salesforce.com adalah aplikasi Customer Relationship Management (CRM) berbasis software as services, dimana kita bisa mengakses aplikasi bisnis: kontak, produk, sales tracking, dashboard, dll. Google Docs adalah aplikasi word processor, spreadsheet, presentasi semacam Microsoft Office, yang berbasis di server. Terintegrasi dengan Google Mail, file tersimpan dan dapat di proses dari internet. Di zaman/masa modern saat ini perkembangan teknologi yang begitu ce