Skip to main content

Pengalaman Mengikuti Bootcamp .NET di PT. Xsis Mitra Utama Minggu" Technology + Mini Project

 

Bagi para pembaca yang belum membaca bagian Minggu ke 2 silahkan baca disini.

Pengalaman Mengikuti Bootcamp .NET di PT. Xsis Mitra Utama Minggu" Technology

Pertama-tama, saya sangat berterimakasih kepada pembaca yang telah menyempatkan waktunya untuk membaca artikel saya mengenai pengalaman saya saat mengikuti bootcamp di Xsis.Kedua saya juga mohon maaf baru sekarang saya melanjutkan cerita ini karena banyaknya yang meminta untuk dilanjutkan minggu" teknologinya.Btw saya memenangkan perlombaan dalam penulisan blog ini waktu itu mendapatkan voucher senilai 100rb.Berhubung cerita ini sudah sangat lama sekali yaitu 2018, saya hanya mengingatnya sedikit saja.

Dari 12 orang peserta, hanya 8 yang lolos mengikuti tahap selanjutnya yaitu teknologi.Dalam hal ini kita 1 kelas mempelajari software .NET bagi yang belum mengetahui apa itu .NET silahkan kesini.

Untuk bahasa menggunakan C#, perlu diketahui teman-teman untuk menjadi seorang developer kita tidak hanya mempelajari programming saja.tapi kita juga mempelajari SQL juga.Diawal hari pertama seperti biasa pasti banyak banget hal yang perlu diinstall teman".menginstall .NET saja banyak masalah seperti mau versi berapa yang digunakan, install pendukungnya, belum lagi install plug-in yang dibutuhkan.entah sudah beberapa jam untuk menginstall .NETnya saja hingga benar" bisa digunakan.

Setelah itu kami diarahkan untuk menginstall SQL.sungguh saya lupa kita menggunakan SQL yang CMD atau yang SSMS.Singkat cerita ketika semua sudah selesai install .NET plus plug-innya dan SQL, kami langsung CODING web.Tenang saja hehe...di minggu" teknologi ini kita full mengikuti arahan instrukturnya biasanya diseputar CRUD.oh ya bagi kalian yang belum mengetahui apa itu CRUD bisa disini ya.

CRUD merupakan hal paling dasar yang perlu dipelajari para programmer.Selain C# dan SQL, kita juga ada mempelajari sedikit mengenai javascript yang saya ingat waktu itu ada kendala kenapa nilainya tidak muncul.Setelah dicek kembali ternyata javascript tidak memberitahu errornya dimana haha...berkebalikan dengan .NET yang menggunakan C# dan SQL selalu menampilkan errornya.Bagi yang belum tahu javascript bisa kesini ya.

Di minggu" teknologi ini kalian hanya perlu mengikuti semua kodingan yang diarahkan oleh instrukturnya.Meskipun kita hanya menyalin kode yang ditulis langsung di proyektor tetap saja masih banyak banget teman" saya yang mengalami error.Hingga akhirnya hanya beberapa saja yang running lancar programmnya.Kalo tidak salah waktu itu kita hanya mengutak atik web template yang telah diberikan oleh instruknya.Kesimpulan untuk minggu" teknologi :

1.Install .NET plus plug-innya, C# dan SQL versinya harus sama dengan instrukturnya.

2.Jika kalian baru mengetahui tentang pemrograman saya sebagai penulis sangat menyarankan sekali jangan pernah kalian ngide ganti" VARIABLE seenak kalian saat pelajaran berlangsung.mungkin pas awal" kalian enjoy ganti dengan misal : "wow1" tapi semakin lama kalian mengikuti akan semakin bingung karena banyaknya variable yang digunakan.

3.Saat kalian mengikuti pembuatan websitenya mohon diperhatikan sekali untuk pembuka dan penutup kurung kurawal {} , kurung siku [] , buka tutup kurung () , titik koma (;) dan lain lain harus sama dengan yang di proyektor.Karena kesalahan sedikit saja web kalian tidak dapat terbuka dan ada error yang harus diperbaiki.

4.Jika saat running kalian menemukan error jangan sekali" kalian diam saja.minta bantuan teman terdekat untuk memeriksa atau ke instrukturnya.semakin cepat kalian menyelesaikan errornya semakin mudah juga dalam mengikuti pelajarannya.saya dulu ada pengalaman di javascript yang kurang tanda tutup sehingga tidak keluar hasil perhitungannya meskipun programmnya jalan.Beruntung saya langsung crosscek ke instrukturnya sebelum instrukturnya melanjutkan ke kodingan selanjutnya.

5.Sabar jika bertemu error dan teliti sebelum running program.

6.Di awal" mungkin akan terasa sangat mudah namun mulai pertengahan akan semakin sulit dan yang running dengan baik orangnya sudah semakin sedikit.Bahkan di akhir minggu" teknologi waktu itu hanya 3 dari 8 orang termasuk saya yang dapat running webnya dengan baik.itu kita bertiga udah sebaris duduknya biar kalo ada yang error bisa langsung dibenerin. 😅

 

Pengalaman Mengikuti Bootcamp .NET di PT. Xsis Mitra Utama Bagian Mini Project

Baiklah saya langsung saja supaya tidak ada next postingan.

Sebelum minggu" teknologi selesai, kita dibagikan kelompok yang berisikan 2 orang.Setelah dibagikan kelompoknya, kita diberikan pilihan akan membuat web seperti apa.ada banyak contoh web mulai dari POS,e-commerce,bisnis,entertainment,dll banyak saya juga lupa.Saya dan rekan saya sepakat untuk membuat web POS(Point Of Sale).Untuk waktu pengerjaannya saya sudah lupa 1 minggu atau 2 minggu yang penting selesai dalam waktu itu.untuk minimum syaratnya adalah bisa CRUD.

Kita tidak perlu membuat website dari awal, hanya perlu mengganti template agar sesuai dengan POS.kita mulai dari pembuatan database, relasinya, keynya, itemnya, UInya mau seperti apa.Mini project ini melatih kita agar tidak kaget saat penempatan di client nantinya.

Disela-sela minggu" teknologi dan mini project tiba" saya dan winda di panggil kalau ada yang client yang berminat dengan kami.Sedikit flashback,memang saat minggu" teknologi, instruktur selalu bilang kalau tidak akan selalu penuh kelasnya karena di minggu" tersebut mereka (XSIS) mulai menyebarkan CV kami kepada client jadi bisa saja ada client yang tertarik meskipun belum menyelesaikan proses bootcampnya.

Keesokan harinya, saya dan winda datang ke client tersebut.Seperti biasa kami di wawancara 1 per 1 oleh ownernya langsung.saat giliran saya tiba saya menceritakan semua yang saya ketahui saja,saat ditanya pengalaman bekerja saya BELUM pernah kerja ditempat manapun namun saya ceritakan referensi saya ketika bekerja di bank (karena ibu saya orang bank) kepada ownernya.Ada pertanyaan yang saya ingat sampai sekarang "Kalo kamu pulang malam-malam berani gak?overtime seperti itu?" saya jawab saja dengan sangat yakin "bisa pak".saya masih ingat namanya pak hendro.

Setelah wawancara tersebut, saya dan winda langsung diarahkan untuk pulang kerumah karena sudah terlalu sore untuk kembali ke tempat bootcamp.kami adalah orang" pertama yang dipanggil client saat bootcamp berlangsung.kemudian juga ada cerita ditempat lain, kami semua datang ke client itu (dikawasan alam sutera sepertinya) dan melakukan test+interviewnya memakan waktu seharian.

Kemudian minggu" teknologi selesai dan kami mulai menjalankan mini project yang sudah kita buat templatenya,Bug pun mulai terlihat ketika kami membuat web tersebut.Perlahan tapi pasti dan juga kami diskusi saling memberikan masukan agar webnya minim bug.Saya hanya ingat menyarankan ke teman saya untuk membuat input fieldnya dibuat menjadi read-only supaya saat presentasi minim bug.

Dan akhirnya presentasi pun tiba.Kami presentasi didepan teman" 1 kelas dan juga instrukturnya.Kami mendapat giliran pertama untuk menunjukkan web kami.Kami menampilkan web kami dan juga mempresentasikannya.nah disinilah kesalahan kami, saya hanya menunjukkan kepada teman" dan instruktur cara penggunaannya tapi tidak dengan proses bisnisnya.kesalahan kami adalaah kami tidak koordinasi terlebih dahulu jadi semua cerita sudah habis diceritakan oleh teman saya.saya cuman klik" apa yang diarahkan saja.Jadi saat gantian saya gatau mau ngomong apaan. 😅

Kemudian setelah presentasi, instruktur mencoba meminta kepada kami untuk melakukan update yang diminta oleh instruktur dan juga menyelesaikan bug yang ditemukan sembari tim lain presentasi juga.Oh ya sekedar kalian tau semua tim pasti ada bugnya dan pasti minta dibetulkan.

Beruntung saya dapat menyelesaikan bug yang ditemukan dan dapat melakukan updatenya, kemudian memberitahukan kepada instrukturnya kalo kami telah selesai dan dinilai sama instrukturnya.Setelah semua tim mendapatkan penilaian dan dibagikan nilainya by WA.Nilai saya yang terendah adalah menyampaikan proses bisnis saat presentasi itu hanya 1/5 yaaa...iya lah kita gak diskusi dulu apa yang mau dibicarain.😑 tapi alhamdulillah selain itu 4/5 semua termasuk menyelesaikan bug dan menyelesaikan update yang diminta instrukturnya.

Gak lama setelah penilaian itu keesokan harinya, hari santai.mungkin lebih seperti psikotest, menggambar, softskill pokoknya.nah disela" softskill sedang berlangsung tiba" ada yang datang ke kelas kami dan memberitahukan "rio dan winda ada disini?" kami angkat tangan dan bilang "ada mba".Kemudian mba itu bilang "mulai selasa kalian kesini (ditunjukkan alamatnya) ya,client mau dengan kalian." mba itu ngomong didepan teman sekelas.sontak kami sangat senang sekali karena bisa langsung dapet penempatan.saya pun mikir, ngapain lanjut bootcamp kalo saat itu saya udah "laku" disewa sama client.😂

Dan begitulah cerita minggu" teknologi dan mini project.Sekali lagi saya mohon maaf yang sebanyak-banyaknya karena baru dapat melanjutkan cerita ini yang mungkin sekarang sudah tidak relevan lagi mengingat ini kejadian 2018 dan sekarang 2023. 😂

Overall saya menikmati semua proses bootcampnya hingga saya resign dari XSIS Juli 2020.Banyak sekali ilmu yang saya dapat ketika berada disini,ingat jangan bicarakan gaji jika kalian masih fresh grad.kejar terus pengalamannya.

Pengalaman di XSIS:

FEB 2018 - SEP 2018
Placement Bank Danamon as C# Programmer and Application Support.

OCT 2018 - JUL 2020
Placement Bank Indonesia as Quality Assurance.

 

Terimakasih XSIS

🙏

 

Comments

Popular posts from this blog

Tutorial Pembuatan Game Pingpong Menggunakan Java Netbeans

Assalamualaikum Wr.Wb saya akan membuat game pimpong dengan menggunakan java netbeans.Saya menggunakan Netbeans IDE 8.2.Berikut langkah - langkah pembuatan game tersebut :  1. Buka Aplikasi Netbeans IDE di Launchpad lalu klik Netbeans.   2. Setelah Netbeans terbuka, membuat project baru dengan cara klik menu File > New Project atau bisa dengan tombol Shift+Command+N pada keyboard. 3. Pada Kotak dialog choise Project Anda pilih kategory Java dengan Tipe project Java Application. Setelah itu klik tombol Next, seperti gambar di bawah.   4. Pada kotak dialog Name and Location, centang pada Create main Class, dan set as main project. Lalu memberikan Nama dengan Pimpong, setelah itu mengklik tombol finish. 5. Setelah itu pada project Pimpong yang ada di sidebar netbeans, klik Pimpong > sources Package > pimpong > Pimpong.java.   6. Kemudian mengetikkan Source program di dalam editor netbeans, Source programnya adalah :   package pingpong;

Pengalaman Mengikuti Bootcamp .NET di PT. Xsis Mitra Utama

Assalamualaikum para pembaca , nama saya rio saya lulusan Teknik Informatika di  Universitas Gunadarma tahun 2017.Pada postingan kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya mengikuti bootcamp .NET di PT. Xsis Mitra Utama selama 1 minggu ini.oh ya di Xsis ini ada 2 tahap filtering.yang pertama filtering di minggu ke 2 dan yang terakhir di minggu ke 6.Eits...sebelum masuk minggu pertama baca prolog dulu ya. 👇 PROLOG Sebelum mengikuti bootcamp,di kampus saya diadakan job fair.saya mendaftar beberapa stand termasuk Xsis ini dengan harapan salah satu dari yang saya apply mendapat balasan.setelah menunggu beberapa hari saya menerima email untuk datang interview di pt xsis yang kantor utamanya berada di jalan satrio.Beberapa hari kemudian setelah persiapan dokumen yang dibawa saya langsung ke Xsis yang di satrio.Kantornya berada di lantai 25 , setelah itu saya masuk kedalam kantornya kemudian di tanya oleh resepsionis maksud kedatangan saya.Setelah saya memberitahukan maksud ked

Implementasi Komputasi dalam Berbagai Bidang

Implementasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk menguji data dan menerapkan sistem yang diperoleh dari kegiatan seleksi. Implementasi merupakan salah satu pertahanan dari keseluruhan pembangunan sistem komputerisasi dan unsur yang harus dipertimbangkan dalam pembangunan sistem komputerisasi yaitu masalah perangkat lunak, karena perangkat lunak yang digunakan haruslah sesuai dengan masalah yang akan diselesaikan disamping masalah perangkat keras. Contoh aplikasi berbasis cloud computing adalah salesforce.com , Google Docs. salesforce.com adalah aplikasi Customer Relationship Management (CRM) berbasis software as services, dimana kita bisa mengakses aplikasi bisnis: kontak, produk, sales tracking, dashboard, dll. Google Docs adalah aplikasi word processor, spreadsheet, presentasi semacam Microsoft Office, yang berbasis di server. Terintegrasi dengan Google Mail, file tersimpan dan dapat di proses dari internet. Di zaman/masa modern saat ini perkembangan teknologi yang begitu ce