Skip to main content

APAKAH WEB ITU ?


Website atau situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman.

Bagaimana web bekerja?
Web bekerja dengan konsep client-server komputer yang kamu pakai adalah clinet. Pada komputer kamu harus terdapat sofware penjelajah yng berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen pada web (browser)misalnya mozila firefox internet explorer,safari,dan lain-lain). 
Ketika kamu mengetik suatu lamat situs dalam browser tersebut misalnya www.google.co.id lalu menekan enter,browser akan meminta ke komputer server halaman situs yang telah kamu ketik.
server tersebut akan memproses halaman yang akan diminta oleh browser. APabila halaman itu ditemukan ,server akan mengirimkan halaman tersebut kebrowser dikomputer mu,browser akan menginterprestasikan data yang didapat dari komputer server lalu tampilkan dikomputer kamu
Mengapa diperlukan website ?
Mengapa kantor atau lembaga pemerintahan memerlukan website beberapa alasan yaitu :
  1. Diminta oleh lembaga yang berada diatasnya
  2. Ingin meningkatkan layanan informasi secara global
  3. Ingin mempermudah koordinasi dengan lembaga pusat, dan lembaga yang berada dalam lingkup kerjanya
  4. Ingin memiliki basis data informasi yang mudah diakses oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun dengan asas keterbukaan.

Mengapa perusahaan atau lembaga dunia bisnis memerlukan website beberapa alasan yaitu :

  1. Mengenalkan produk dan jasa ke dunia pasar yang lebih luas
  2. Mempermudah penyajian informasi untuk partner bisnis yang berada di luar daerah
  3. Menyediakan layanan transaksi online
  4. Meningkatkan pendapatan perusahaan
  5. Mempermudah komunikasi dengan perusahaan cabang

Mengapa personal memerlukan website beberapa alasan yaitu :

  1. Ingin berbagi cerita, pengetahuan serta pengalaman tentang banyak hal
  2. Ingin mendapatkan uang
  3. Ingin memiliki banyak teman
  4. Ingin berdagang secara online
  5. Ingin belajar membuat web
Beberapa permasalahan tentang web :
1. Setting DNS dan Name Server
Jika website anda tidak bisa dibuka pada semua komputer, termasuk laptop, maka kemungkinan ada kesalahan ketika anda melakukan pengaturan DNS dan Name Server.
Kesalahan ini bisa menyebabkan website anda tidak bisa diakses beberapa jam hingga beberapa hari. Jadi, ketika anda melakukan kesalahan dalam melakukan setting DNS dan NS, maka anda harus bersabar menunggu hasilnya setelah melakukan perbaikan.
Solusi:
Solusi yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kesalahan setting DNS dan NS adalah dengan memperbaikinya dengan alamat NS yang benar. Untuk melakukan perbaikan ini anda harus memiliki akses ke halaman domain panel, bukan CPanel Hosting.
Baca: Cara Setting DNS dan Name Server.

2. File Index yang tidak ada atau isinya terhapus
Ketika anda mencoba untuk mengakses website anda, maka server akan memanggil beberapa file berikut ini pertama kali, seperti: index.htlm, index.htm atau index.php (biasanya server akan mencari file dengan urutan seperti itu)
Nah, jika server tidak menemukan file tersebut, maka server akan menampilkan pesan error kepada anda (pengunjung_. Beberapa pesan error yang akan ditampilkan adlaah error document, no index file atau bahkan server akan menampilkan semua yang terdapat di direktori tersebut.
Jika pada website anda sudah terdapat salah satu dari file diatas, namun masih error, maka mungkin saja file tersebut dalam keadaan kosong. Untuk melihatnya anda harus membukanya melalui CPanel Hosting anda.
Jika file index dalam keadaan kosong, biasanya halaman yang akan muncul adalah halaman berwarna putih tanpa tampilan yang lain.
Solusi:
Login ke CPanel Hosting anda, apakah di direktori website anda terdapat file tersebut atau tidak. Pastikan juga apakah ada isinya berupa code atau tidak. Jika tidak, maka anda harus memperbaikinya file tersebut dan mengetikan code tertentu, jika anda menggunakan wordpress, anda tinggal upload ulang file index dari file wordpress anda.

3.  Nama Domain yang sudah kadaluarsa
Sebenarnya tidak ada waktu kadaluarsa dari domain, jika anda membayarnya tepat waktu. Jadi, hal ini terjadi karena anda terlambat memperpanjang domain tersebut. Oleh karenya jangan pernah terlambat memperpanjang domain anda. Jika anda memiliki banyak domain, pastikan anda mencatat jadwal perpanjangannya secara benar.
Jika anda tidak memperpanjang domain tepat waktu, maka domain tersebut akan dikunci dan diarahkan sebuah halaman (halaman parking). Pada masa ini sebenarnya anda masih bisa memperpanjang domain dengan harga normal. Namun setelah masuk ke masa delete, maka harga perpanjangan domain akan sangat mahal.
Solusi:
Perpanjang domain anda tersebut hingga beberapa waktu ke depan (minimal 1 tahun).

4. IP anda terblokir Server
Website anda tidak bisa diakes di internet bisa juga karena IP Komputer anda terblokir oleh server. Blokir ini bisa terjadi karena beberapa hal beriktu:
  1. Salah Login CPanel/Webmail,FTP/SSH hingga berulang-ualng
  2. Terlalu sering me-refresh browser
  3. Terdeteksi melakukan tindakan spam
  4. Hacking
  5. DOS Attack
  6. Port Scan
Solusi:
Laporkan ke Hositng anda bahwa IP anda terblokir. Jika anda tidak tahu berapa alamat IP anda, silahkan kunjungi saja website berikut ini: http://wwww.whatismyip.com.

5. Komputer anda terinfeksi Virus
Internet banyak mendatangkan manfaat, namun pada saat yang sama juga masalah. Saat ini banyak sekali program jahat yang mencoba untuk menghalangi komputer anda untuk mengakses internet.
Solusi:
Scan komputer anda secara berkala dengan anti virus yang terbaik dan update.

6. Kesalahan mengedit File .htaccess
Kesalahan dalam menulis kode di .htacces juga bisa menyebabkan website anda tidak bisa diakses. Oleh karenanya, ketika anda ingin merubah kode-kode yang terdapat di htaccess, pastikan anda melakukannya dengan benar atau lakukan backup file tersebut terlebih dahulu.
Solusi:
Pastikan anda mengedit htacces dengan benar. Jika anda baru saja merubahnya, kembalikan ke perubahan semula. Jika anda masih menghadapi masalahnya, cari informasi di google.
Daftar pustaka :
WahanaKomputer,membangun website tanpa modal,penerbit : andi
http://mustik-tika.blogspot.com/2013/01/cara-web-bekerja.html 
http://www.satriamultimedia.com/artikel_mengapa_perlu_website.html
http://manggale.com/penyebab-website-tidak-bisa-di-akses/

Comments

Popular posts from this blog

Tutorial Pembuatan Game Pingpong Menggunakan Java Netbeans

Assalamualaikum Wr.Wb saya akan membuat game pimpong dengan menggunakan java netbeans.Saya menggunakan Netbeans IDE 8.2.Berikut langkah - langkah pembuatan game tersebut :  1. Buka Aplikasi Netbeans IDE di Launchpad lalu klik Netbeans.   2. Setelah Netbeans terbuka, membuat project baru dengan cara klik menu File > New Project atau bisa dengan tombol Shift+Command+N pada keyboard. 3. Pada Kotak dialog choise Project Anda pilih kategory Java dengan Tipe project Java Application. Setelah itu klik tombol Next, seperti gambar di bawah.   4. Pada kotak dialog Name and Location, centang pada Create main Class, dan set as main project. Lalu memberikan Nama dengan Pimpong, setelah itu mengklik tombol finish. 5. Setelah itu pada project Pimpong yang ada di sidebar netbeans, klik Pimpong > sources Package > pimpong > Pimpong.java.   6. Kemudian mengetikkan Source program di dalam editor netbeans, Source programnya adalah :   package pingpong;

Pengalaman Mengikuti Bootcamp .NET di PT. Xsis Mitra Utama

Assalamualaikum para pembaca , nama saya rio saya lulusan Teknik Informatika di  Universitas Gunadarma tahun 2017.Pada postingan kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya mengikuti bootcamp .NET di PT. Xsis Mitra Utama selama 1 minggu ini.oh ya di Xsis ini ada 2 tahap filtering.yang pertama filtering di minggu ke 2 dan yang terakhir di minggu ke 6.Eits...sebelum masuk minggu pertama baca prolog dulu ya. 👇 PROLOG Sebelum mengikuti bootcamp,di kampus saya diadakan job fair.saya mendaftar beberapa stand termasuk Xsis ini dengan harapan salah satu dari yang saya apply mendapat balasan.setelah menunggu beberapa hari saya menerima email untuk datang interview di pt xsis yang kantor utamanya berada di jalan satrio.Beberapa hari kemudian setelah persiapan dokumen yang dibawa saya langsung ke Xsis yang di satrio.Kantornya berada di lantai 25 , setelah itu saya masuk kedalam kantornya kemudian di tanya oleh resepsionis maksud kedatangan saya.Setelah saya memberitahukan maksud ked

Implementasi Komputasi dalam Berbagai Bidang

Implementasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk menguji data dan menerapkan sistem yang diperoleh dari kegiatan seleksi. Implementasi merupakan salah satu pertahanan dari keseluruhan pembangunan sistem komputerisasi dan unsur yang harus dipertimbangkan dalam pembangunan sistem komputerisasi yaitu masalah perangkat lunak, karena perangkat lunak yang digunakan haruslah sesuai dengan masalah yang akan diselesaikan disamping masalah perangkat keras. Contoh aplikasi berbasis cloud computing adalah salesforce.com , Google Docs. salesforce.com adalah aplikasi Customer Relationship Management (CRM) berbasis software as services, dimana kita bisa mengakses aplikasi bisnis: kontak, produk, sales tracking, dashboard, dll. Google Docs adalah aplikasi word processor, spreadsheet, presentasi semacam Microsoft Office, yang berbasis di server. Terintegrasi dengan Google Mail, file tersimpan dan dapat di proses dari internet. Di zaman/masa modern saat ini perkembangan teknologi yang begitu ce