Skip to main content

Cara Perpanjang STNK 5 Tahun (Motor)

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh
 
Sesuai judul saya akan menjelaskan cara perpanjang STNK (khusus yang ganti plat) 5 tahun dalam pengalaman saya menggunakan motor.Posisi perpanjang STNK disini : 

Saya akan menjelaskannya dengan gambar menggunakan paint untuk mengetahui posisi dan apa yang harus dilakukan.Sebelum melakukan perpanjangan STNK 5 tahun ada beberapa hal yang harus dibawa : 
  • STNK + PAJAK ASLI jangan bingung karna pasti ada di stnk kalian bagian depan yang sering di tanda tangani saat membayar pajak tahunan dan bagian belakangnya adalah stnknya.
  • BPKB ASLI
  • KTP ASLI
  • MAP (Opsional) hanya supaya tidak tercecer saja dan terlihat lebih rapi dan supaya berkasnya tidak ada yang jatuh.

 
Oke langsung saja saya akan menjelaskan cara-caranya :
  • Pertama bagian fotokopi (opsional boleh dijalankan boleh tidak) bagi kalian yang sudah memfotokopi dari rumah atau ditempat lain bisa melewati bagian ini.Saya menyarankan untuk memfotokopi disini karena lebih tertata rapi total fotokopi semua plus dapet plastik buat KTPnya hanya 5rb.Mungkin kalian bertanya,pasti rame kan yang memfotokopi berkas?Jawaban saya adalah TIDAK.karena ada 4 tukang fotokopi disana.Semua difotokopi mulai dari STNK+Pajak , BPKB dan KTP.lalu jika ditanya perpanjang berapa tahun?jawab saja 5 tahun.Nanti kalian akan diberikan formulir dan kalian harus mengisinya.Isi saja sesuai STNK dan yang penting isi nomor plat kalian.
  • Kedua kalian langsung menuju L1 disitu kalian mengantri dan memberikan lembaran PAJAK dan bilang mau perpanjang 5 tahun.setelah kalian diberikan formulir yang diatasnya terdapat label kuning , kalian dapat mengisi sesuai yang ada di formulir tersebut atau hanya mengisi nomor plat yang lengkap dengan font yang besar juga boleh tujuannya agar mempermudah saja.(L2 dan L3 saya tidak tahu untuk apa,lebih tepatnya lupa).
  • Ketiga untuk motor mengikuti jalur yang tertera seperti digambar.Setelah itu anda mengantri dan menunggu giliran untuk di gesek rangka motor dan mesin motor.Berikan formulir yang terdapat diatasnya label warna kuning ke petugas.mungkin pertanyaan anda : proses gesek lama ya?nunggunya lama kan?jawaban saya adalah TIDAK , proses gesek sebentar mungkin 5 menit dan untuk menunggu giliran terbilang sebentar mungkin 10 menit saya sudah mendapat giliran karna waktu itu terdapat LIMA(5) petugas yang melakukan gesek rangka dan mesin motor.
  • Keempat setelah anda dari area gesek parkirkan motor anda di area parkir yang telah tersedia , kembali ke loket 1 dan mengembalikan formulir yang diatasnya terdapat label warna kuning selanjutnya adalah kalian menunggu dipanggil.Harap diingat nomor plat yang lengkap beserta nama pemilik motor yang akan di perpanjang.
  • Kelima ketika nama anda dipanggil segera ke L4 anda akan menerima surat pajak yang baru dan anda akan diarahkan ke gedung utama lantai 2 untuk motor dan lantai 1 untuk mobil. 

  • Tahap 5.5 adalah tahap pemeriksaan KTP ASLI.Ingat harus ASLI , karena ada petugas untuk melakukan cek berkas dan KTP asli.jika kalian tidak memiliki KTP asli maka kalian tidak boleh masuk.Kecuali jika kalian menemani teman , sodara , dll yang memiliki urusan perpanjangan STNK ini.
  • Keenam masuk gedung dan naik ke lantai 2 untuk motor dan lantai 1 untuk mobil.

Selanjutnya saya akan membuatkan peta posisi didalam gedung utama pada lantai 2.


  • Ketujuh anda mengantri sesuai gambar yang tertera diatas.BUDAYAKAN ANTRI.
  • Kedelapan anda menaruh semua berkas yang ada di tangan anda ke petugas.Petugas PASTI akan bertanya , Siapa ini (nama pemilik kendaraan yang disebutkan),anda dapat mengatakan bahwa itu anda sendiri jika itu memang benar adalah kendaraan anda.Jika anda melakukannya untuk orang lain misal saudara , maka anda akan diminta memberikan nomor telpon dll karena bukan diri sendiri , mungkin ini salah satu cara untuk mengurangi CALO di kawasan tersebut.Setelah itu petugas akan memberikan nomor panggilan."INGAT JANGAN MENINGGALKAN L1 SEBELUM ANDA MENDAPATKAN NOMOR PANGGILAN"
  • Kesembilan duduklah di tempat tunggu hingga nomor anda dipanggil.Jangan berharap anda mendapat giliran secepatnya pengalaman saya mendapat nomor 148 itu saya baru terima dan baru saja duduk kemudian urutan yang dipanggil adalah 147.Otomatis saya berdiri karna setelah itu nomor saya daaaannn...ternyata nomor lain sekitar nomor 50an.Pemanggilan nomor ini diacak jadi jangan berharap anda dipanggil sesuai urutan.
  • Kesepuluh biasanya pemanggilan nomor urut akan disertai dengan nama pemilik motor.Pergilah ke tempat yang telah saya berikan petanya untuk mengambil berkas" yang tersisa.
  • Kesebelas anda pindah ke L2 , ditempat ini anda berikan saja semua berkas yang anda pegang nanti petugas akan mengambil yang dibutuhkannya saja.Selanjutnya anda akan membayar sesuai yang dibilang petugas L2.Ingat jika ada antrian mengantrilah.
  • Keduabelas setelah anda membayar segera anda pindah ke L3 dan berikan semua berkas yang anda pegang.Petugas akan bertanya perpanjang setahun apa 5 tahun , anda jawab 5 tahun kemudian petugas akan mengambil berkas yang dibutuhkan.
  • Ketigabelas anda menunggu ditempat tunggu yang telah disediakan hingga nama pemilik kendaraan anda dipanggil.Disini setiap awal pemanggilan akan ada pemberitahuan "JIKA NAMA KENDARAAN TIDAK DIPANGGIL DALAM 30 MENIT LEBIH SILAHKAN MENUJU KEMARI(ke L3 maksudnya untuk konfirmasi karena belum dipanggil lebih dari 30 menit)" Benar" sangat baik sekali layanan ini. (y)
  • Keempatbelas setelah nama pemilik kendaraan anda dipanggil anda dapat maju dan mendapatkan STNK yang baru.Selanjutnya petugas akan mengarahkan anda untuk mengambil TNKB(Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) atau biasa disebut Plat Motor.
  • Kelimabelas anda turun tangga dan keluar dari gedung tersebut.
Posisi tempat untuk mendapatkan TNKB/Plat Motor

  • Keenambelas setelah anda keluar dari gedung utama , anda langsung ke belakang gedung dengan arah yang saya tunjukkan pada gambar posisinya tepat seperti gambar diatas.Seperti biasa anda memberikan semua berkas yang ada di tangan anda ke petugas disitu (seharusnya sudah sisa 1).Lalu anda menunggu hingga nomor plat dan nama pemilik kendaraan dipanggil.Setelah itu anda ambil dan SELAMAT!!! semua step telah anda lalui.
Untuk motor dan mobil hanya berbeda lantainya saja selebihnya sama.Ini adalah pengalaman saya karena baru pertama kali melakukan ini pada tanggal 7/4/2017 memerlukan waktu kurang lebih 1 jam.Kekurangannya adalah tidak ada petunjuk yang dapat memberitahu harus kemana jadi saya harus bertanya" dengan petugas.Saya mohon maaf bagi para pembaca ataupun petugas yang membaca artikel saya ini kalau terdapat kesalahan dalam posisi loket dan nama loket yang telah saya petakan.Saya mohon maaf juga karena tidak dapat menggunakan gambar aslinya dan menggantinya menggunakan PAINT.Semoga pengalaman saya dapat mempermudah kalian para pembaca dan para pencari pengetahuan,sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf.

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Comments

Popular posts from this blog

Tutorial Pembuatan Game Pingpong Menggunakan Java Netbeans

Assalamualaikum Wr.Wb saya akan membuat game pimpong dengan menggunakan java netbeans.Saya menggunakan Netbeans IDE 8.2.Berikut langkah - langkah pembuatan game tersebut :  1. Buka Aplikasi Netbeans IDE di Launchpad lalu klik Netbeans.   2. Setelah Netbeans terbuka, membuat project baru dengan cara klik menu File > New Project atau bisa dengan tombol Shift+Command+N pada keyboard. 3. Pada Kotak dialog choise Project Anda pilih kategory Java dengan Tipe project Java Application. Setelah itu klik tombol Next, seperti gambar di bawah.   4. Pada kotak dialog Name and Location, centang pada Create main Class, dan set as main project. Lalu memberikan Nama dengan Pimpong, setelah itu mengklik tombol finish. 5. Setelah itu pada project Pimpong yang ada di sidebar netbeans, klik Pimpong > sources Package > pimpong > Pimpong.java.   6. Kemudian mengetikkan Source program di dalam editor netbeans, Source programnya adalah :   package pingpong;

Pengalaman Mengikuti Bootcamp .NET di PT. Xsis Mitra Utama

Assalamualaikum para pembaca , nama saya rio saya lulusan Teknik Informatika di  Universitas Gunadarma tahun 2017.Pada postingan kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya mengikuti bootcamp .NET di PT. Xsis Mitra Utama selama 1 minggu ini.oh ya di Xsis ini ada 2 tahap filtering.yang pertama filtering di minggu ke 2 dan yang terakhir di minggu ke 6.Eits...sebelum masuk minggu pertama baca prolog dulu ya. 👇 PROLOG Sebelum mengikuti bootcamp,di kampus saya diadakan job fair.saya mendaftar beberapa stand termasuk Xsis ini dengan harapan salah satu dari yang saya apply mendapat balasan.setelah menunggu beberapa hari saya menerima email untuk datang interview di pt xsis yang kantor utamanya berada di jalan satrio.Beberapa hari kemudian setelah persiapan dokumen yang dibawa saya langsung ke Xsis yang di satrio.Kantornya berada di lantai 25 , setelah itu saya masuk kedalam kantornya kemudian di tanya oleh resepsionis maksud kedatangan saya.Setelah saya memberitahukan maksud ked

Implementasi Komputasi dalam Berbagai Bidang

Implementasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk menguji data dan menerapkan sistem yang diperoleh dari kegiatan seleksi. Implementasi merupakan salah satu pertahanan dari keseluruhan pembangunan sistem komputerisasi dan unsur yang harus dipertimbangkan dalam pembangunan sistem komputerisasi yaitu masalah perangkat lunak, karena perangkat lunak yang digunakan haruslah sesuai dengan masalah yang akan diselesaikan disamping masalah perangkat keras. Contoh aplikasi berbasis cloud computing adalah salesforce.com , Google Docs. salesforce.com adalah aplikasi Customer Relationship Management (CRM) berbasis software as services, dimana kita bisa mengakses aplikasi bisnis: kontak, produk, sales tracking, dashboard, dll. Google Docs adalah aplikasi word processor, spreadsheet, presentasi semacam Microsoft Office, yang berbasis di server. Terintegrasi dengan Google Mail, file tersimpan dan dapat di proses dari internet. Di zaman/masa modern saat ini perkembangan teknologi yang begitu ce